November 2008

Ber…Ber…Ber…


Di Manado, ada sebuah istilah,yaitu :”Ber-Ber” yang mana,biasanya, saat memasuki bulan berakhiran –ber,pasti terasa sekali suasana rame-rame. Nah,daripada posting panjang-panjang tentang bulan September – Desember,saya akan mengkhususkan postingan kali ini pada bulan desember, yang pasti akan sangat meriah tahun ini.


Kalo kalian berada di Manado sejak awal Desember, terhitung sejak tanggal 1-5 Desember, akan ada banyak mobil santa claus berseliweran. Biasanya,mobil yang digunakan adalah pick-up jadi,kita bisa melihat santa beserta badut dan pengawalnya duduk di atas mobil yang akan mengantar mereka ke rumah peserta santa claus. Wuiiih…pokoknya lagu natal berkumandang dimana-mana karena setiap pick-up santa claus memutar lagu natal keras-keras,hehehe…( nanti deh saya foto trus saya posting gambar-gambarnya di sini,hehehe…)


Nah, setelah acara kunjungan santa claus, biasanya sering diadakan parade santa claus jadi, di hari yang dijanjikan, akan ada ratusan santa claus yang berseliweran di jalur yang ditentukan. Menyenangkan,bukan?


Selain di jalan, natal juga terasa di mall-mall manado yang semuanya terletak di kawasan bernama boulevard, yang setiap bulan desember melaksanakan program “Christmas on Boulevard” dengan sejuta acara dan pameran di mall-mall. Selain pameran, sesuai pengalaman tahun lalu, juga ada band dan Christmas singer yang biasanya bertengger di depan mall. O iya, khusus untuk tahun ini, malah ada mall yang berjanji akan menyajikan suasana “Orchard Road” Singapura tepat pada saat natal.Mmmm….pokoknya, asik bener lah natal di sini,hehehe…


Akhirnya, saya bukannya mo bikin ngiler (hehehe…) tapi, saya hanya ingin mempromosikan kota tercinta saya yang dicanangkan akan menjadi Kota Pariwisata Dunia Tahun 2010. Finally, bagi yang ingin menikmati suasana natal dengan budget terjangkau, coba pertimbangkan Manado. Inga…Inga…Ting!!

HOREEE!!Dapat Award!!(6)

Kali ini,saya ketiban rejeki lagi karena mendapat Tag dan award dari mba' fatamorgana:





Juga dari Bung Erik, sebuah award cantik bernama mary:



Akhirnya, dari Mba' Nina :



Dan sekarang, saya akan membagikannya pada 10 teman blogger saya:
1. Suwung
2. Retrira
3. Cantigi
4. Arielz
5. Ramon
6. Ilham
7. Trendy
8. Endonezya
9. Ika
10.Nyante Aza Lae

Silahkan diambil yah....

Saya nggak hafal jalan!!




Kalo ada keluarga yang datang dari luar kota, saya selalu deg-degan karena, saya selalu disuruh jadi penunjuk jalan dan sialnya, saya bukan penunjuk jalan yang ideal bagi pengendara mobil pribadi. Yup, karena saya sendiri lebih ahli kalo naik angkutan kota yang tinggal hafal jurusan, dibandingkan menghafal belokan ini itu dan larangan ini itu.


Sumpah!! Saya juga ngga ingin punya kekurangan ini tapi, saya memang ngga bisa mengingat jalan dengan cepat dan itu cukup memberikan beberapa kerugian buat saya. Contohnya, waktu jadi seksi dana, saya ngga bisa jual kue ke teman-teman karena…SAYA NGGA TAU RUMAH MEREKA!!Huhuhu…saya sampe pernah nyasar di kuburan pas mo pergi ke rumah teman saya…ooww…mau ditaruh di mana muka saya?


Yang paling memalukan itu pas mengantar becim saya dari rumah sakit ke bandara, kebegoan saya menghafal jalan bikin kami putar-putar dan telat setengah jam dari yang direncanakan. Untung ngga sampe telat ke bandara.Pokoknya, ngga enak deh kalo punya ni kekurangan …
Anyway, ada yang punya pengalaman sehubungan dengan kekurangan ini?

Numpang Nampang



Beberapa waktu yang lalu, sepupu saya merayakan ulang tahunnya yang ke-17 dengan memakai jasa sebuah salon yang cukup dikenal di kota kami. Adapun, pelayanan si pemilik salon ternyata cukup memuaskan, diliat dari tambahan-tambahan fasilitas yang sebenarnya ngga termasuk dari paket yang kami bayar, termasuk fasilitas numpang nampang. Numpang Nampang?


Yup, karena seminggu setelah ulang tahun sepupu saya, si pemilik salon menelpon dan bilang kalo wajah adik saya muncul di Koran dua kali. Lho?Ternyata, sebagian besar orang yang make jasanya dia, sering dimunculkan di Koran sebagai “model” dari salonnya dia, hitung-hitung promosi lah…hehehe…ternyata para pemilik salon sekarang pinter-pinter bikin strategi pemasaran yah? Karena pasti orang cenderung memilih dia biar bisa gratis nampang di Koran.


Kalo mo dibicarakan lebih lanjut, numpang nampang ini sebenarnya sudah seperti salah satu kebutuhan alami manusia dan karena itulah, ada banyak orang yang numpang nampang nama di TV sebagai salah satu pemberi sumbangan (wuiih…gratis muncul di TV) dan ada begitu banyak orang yang ikut berpartisipasi di acara musik dengan memunculkan pesan khusus sehubungan dengan judul musik yang mereka pilih. Semuanya dengan satu tujuan : Numpang Nampang.


Namun, ngga selamanya numpang nampang itu bikin senang, seperti pengalaman teman saya yang kebetulan punya seorang kenalan yang bekerja sebagai wartawan di sebuah media cetak lokal. Lucunya, si wartawan sering memakai nama teman saya di rubrik opini masyarakat padahal, yang memberi opini itu sendiri adalah si wartawan. Mengetahui hal itu, teman saya asik-asik aja, karena hitung-hitung membantu teman. Sialnya, suatu hari, ada rubrik opini masyarakat mengenai malam pertama dan muncullah nama teman saya sebagai salah satu pemberi opini. Hihihi…kasian juga sih dia…mana di kampus, banyak yang ngeliat dia dengan tatapan aneh….kasian…
Hayo, ada pengalaman tentang numpang nampang yang mau dishare di sini?

Expired?



Dulu pas kuliah, pernah ada tugas unik untuk membuat rencana masa depan, mulai dari rencana bisnis sampai rencana pernikahan. Ada banyak hal lucu yang bisa dibaca, mulai dari teman saya yang ingin menjadi miss universe (ngareep…) sampe ada yang ingin jadi istri milyuner namun, yang paling menarik untuk dibaca adalah, pada umur berapa mereka berencana menikah.


Ternyata, teman-teman saya banyak yang berencana menikah di usia 25 tahun dengan alasan supaya mereka bisa tetap keliatan muda pada saat anak mereka dewasa. Nah, bagaimana dengan saya?


Saya sendiri menulis 27 tahun dengan catatan, pas bulan madu langsung hamil dan punya anak kembar cowok dan cewek (hehehe…kedengarannya kok seperti mengejar deadline yah?) karena saya merasa usia 25 tahun terlalu muda bagi saya untuk melepas kehidupan bebas saya. Lagian, saya belum punya calonnya jadi, 7 tahun saya rasa cukuplah untuk pencarian Mr. Right,hahaha…


Tentu saja hal di atas ngga saya beritahukan pada papa saya yang kini sudah berusia 50-an dengan keinginan menggebu-gebu untuk menimang cucu sehingga selalu bertanya kapan saya akan menemukan Mr.Right…yee….egois… dianya sendiri kawin di usia tua, kok saya yang kena getahnya,hehehe….


Di keluarga besar papa saya, saya adalah cucu perempuan tertua yang tentu saja menjadi panutan bagi cucu perempuan yang lain (termasuk untuk hal pernikahan) sehingga saya sering jadi parno sendiri tapi, kalo di keluarga mama saya, saya berada di urutan ketiga untuk nantinya menjadi parno karena ada sepupu perempuan saya yang berusia 30 tahun dan 27 tahun yang belum menikah. Sadisnya, sepupu perempuan saya itu sering dipanggil expired oleh om-om saya yang usil. Huff..untung saya masih 22 tahun jadi masih bisa lepas dari daftar “expired” mereka.
Bagaimana dengan kamu? Punya sesuatu yang bisa dishare tentang hal di atas?


Nb:Mba Nita’…kayaknya ini termasuk dalam kategori tulisan feminim yah?hehehe…

Tentang Macam-Macam Wajah




Postingan ini sebenarnya terinspirasi dari hadiah mba’ Fatamorgana pada saya (a.k.a si murid yang senantiasa rajin mengerjakan PR,hoeeek…hehehe) yang mana, hadiah yang diberikan adalah berupa nama yaitu : Sunflower.


Loh, kenapa sunflower?
Menurut mba’ fatamorgana (tanpa paksaan dan tekanan dari saya loh):
“…karena dia seorang gadis yang manis (liat aja foto di blognya) dan memiliki senyum seindah bunga matahari”


Saya Manis?
Hahaha....saya tahu...saya tahu...pertanyaan di atas memang sedikit narsis tapi, jujur saja, entah mengapa, banyak yang bilang wajah saya memang tipikal wajah orang baik-baik (cuih!!).Ada banyak cerita yang timbul karena “wajah baik-baik” saya ini, mulai dari yang lucu sampe yang menyebalkan.
Kalo yang lucu, dulu, pas saya jadi panitia sebuah acara, pernah saya dan teman-teman harus pulang sedikit malam karena banyak yang harus kami kerjakan. Lucunya, pas nyampe di depan rumahnya, teman saya menarik saya turun dari mobil. Ternyata, karena diantara semua panitia, saya yang wajahnya paling alim, saya dimintai tolong untuk memunculkan wajah saya di depan pintu, biar mamanya teman saya percaya kalo teman saya baru saja diantar oleh orang baik-baik,hehehehe…
Nah, yang menyebalkan ini terjadi pas orientasi calon mahasiswa di jurusan saya. Kebetulan, saya jadi salah satu panitia yang sebenarnya sih, punya hak untuk “menginjak-injak” (hehehe..sadis amat) para peserta orientasi tapi akhirnya, saya malah kebanyakan duduk dan hanya melihat keganasan teman-teman saya. Hasilnya?
Pas hari terakhir orientasi, saya dinobatkan dua gelar : Kakak Terbaik (ehm…) dan Kakak Terculun (DAMN!!anak-anak sialan itu!!).


Kisah Sedih si Muka Seram
Nah, ternyata, Tuhan menciptakan banyak sekali variasi manusia, mulai dari bentuk tubuh sampai wajah karena selain menciptakan orang dengan “wajah baik-baik”, Tuhan juga menciptakan orang dengan “wajah ganas” yang mana, kasian juga tu orang. Aslinya baik, tapi malah bikin takut orang lain,hihihi….
Saya jadi ingat dengan seorang teman saya waktu SMP yang kebetulan mengerjakan tugas di rumah saya. Nah, sementara mengerjakan tugas, dia keluar mencari angin dan ketemu sepupu saya di depan rumah. Tak lama kemudian, dia langsung masuk dengan wajah pucat. Katanya sih, wajah sepupu saya seram sekali sampe dia merasa kalo sepupu saya kayaknya ngga suka dengan kehadiran dia di rumah saya,hehehe…ada-ada saja…
Ada juga pengalaman saya waktu magang dan ketemu salah seorang supervisor yang mukanya seram luar biasa. Saya dan teman-teman sampe menjuluki dia BM (Bapak Menyeramkan) karena orangnya sendiri memang ngga pernah ketawa,hiiii…
Pokoknya, setiap kali dekat-dekat dia, buku ketek…eh…buku kuduk kami pasti berdiri atau minimal, pasti jantung kami berdetak kencang karena ketakutan. Sumpah!! Wajahnya seram abis!!
Nah, pas selesai magang, kami pun membulatkan tekad untuk melawan ketakutan kami selama ini (ceilee…) dan meminta dia untuk berfoto bersama kami. Eehh,ternyata dia itu orangnya baik banget. Menyesal sekali kami selama ini sudah berburuk sangka.
Kalo kamu, pernah punya pengalaman sehubungan dengan wajah?

Laskar Pelangi untuk Pariwisata Indonesia



Saat bernostalgila dengan postingan saya tentang film yang menciptakan tempat pariwisata, saya jadi tertarik untuk membahas sisi pariwisata dari film laskar pelangi yang dengan luar biasa diarahkan oleh Bung Riri Riza (loh,kok kayak pertandingan sepak bola yah?hehehe).


Soalnya, sejak film laskar pelangi diputar, di friendster mulai bertebaran foto-foto dengan berbagai pose di…SEKOLAH TEMPAT LASKAR PELANGI DULU BELAJAR. Yup, jangankan di sekolah, di pantai tempat laskar pelangi sering main-main juga jadi tempat favorit para turis dadakan hasil film laskar pelangi,hehehe…Jangankan mereka, saya juga pengen ke sana, sayang belum punya cukup waktu dan kantong,huwaaaa…..


Kalo dipikir-pikir, kok momen tersebut ngga dimanfaatkan untuk lebih memaksimalkan pariwisata belitong yah? Padahal pantainya bagus banget, apalagi kalo ditambah bumbu laskar pelangi,TOP ABIS tuh. Kalo bisa saya prediksi ni, kalo sampe laskar pelangi diputar di luar negri sono, selain Indonesia bisa dapat kucuran dana pendidikan, pasti banyak bule yang datang ke belitong sana untuk mencari pantai indah di film tersebut yang mana, saya sendiri sedang berdoa, mudah-mudahan saya ngga keduluan bule untuk sampai ke sana,hehehe…Bagaimana dengan kalian? Ada yang sudah pernah ke sana?

Nb:

Ada tambahan award dari mba' kristina karena saya udah jadi top komentator di "pilemnya" mba' kristina,hehehe.makacih mba...

Tumpukan PR dan Award itu . . .

Award dari Bung Ombung



Wah, makasih atas award “BEST of THE BEST” blog award bagi blog saya sebagai salah satu blog terbaik di bumi ini(hehehe..narsis is in the house…). Saya pasti akan lebih banyak belajar supaya bisa menulis postingan yang lebih baik lagi, biar bisa expansi sampe ke planet mars dan Jupiter,hohoho…
Ini ni rulesnya:
1. Put the logo on your blog.
2. Add a link to the person who awarded you.
3. Nominate at least 10 other blogs.
4. Add links to those blogs on yours.
5. Leave a message for your nominees on their blogs


PR dari mba' fatamorgana


PRnya berupa pertanyaan:

1. Mengapa blog kamu bernama…? Apa Artinya?
2. Mengapa blog kamu berwarna…?

Nih, saya jawab:

Mengapa Blog saya bernama Speak Up With Ivana?

Apa yah? Saya memakai Speak Up karena saya ingin agar saya bisa mengekspresikan apa yang saya pikirkan dan rasakan dalam blog ini. Nah, kalo “With Ivana”, dikarenakan saya ingin ada komunikasi dua arah yang mana, orang-orang yang membaca postingan saya bisa ikut mengekspresikan pemikiran mereka lewat komentar mereka di blog saya. Hmm…ternyata cukup mendalam juga yah artinya,hihihihi…(cuih!!sok serius!!)

Mengapa Warna Blog Saya Biru?
Silahkan temukan jawaban saya di postingan tentang Brand New Blog


PR dari Bung Erik

PRnya adalah, masuk ke situs ini,ketikkan nama lengkap kita dan submit, untuk tahu arti nama kita.

Soal nama sih,menurut buku nama-nama bayi, Ivana berarti Anugrah Tuhan Yang Paling Indah (Kayak Lagunya Sheila On 7,yah?). Masuk akal juga sih, karena selain saya orangnya cantik, saya juga baik hati, ngga sombong…. (kalo dilanjutkan,bisa-bisa saya ditimpuk ni,hehehe).Tapi, karna yang diminta adalah arti nama dari tu situs, ini ni artinya:




What Ivanathe Means



You tend to be pretty tightly wound. It's easy to get you excited... which can be a good or bad thing.

You have a lot of enthusiasm, but it fades rather quickly. You don't stick with any one thing for very long.

You have the drive to accomplish a lot in a short amount of time. Your biggest problem is making sure you finish the projects you start.



You are very hyper. You never slow down, even when it's killing you.

You're the type of person who can be a workaholic during the day... and still have the energy to party all night.

Your energy is definitely a magnet for those around you. People are addicted to your vibe.



You are usually the best at everything ... you strive for perfection.

You are confident, authoritative, and aggressive.

You have the classic “Type A” personality.



You are very intuitive and wise. You understand the world better than most people.

You also have a very active imagination. You often get carried away with your thoughts.

You are prone to a little paranoia and jealousy. You sometimes go overboard in interpreting signals.



You are a seeker. You often find yourself restless - and you have a lot of questions about life.

You tend to travel often, to fairly random locations. You're most comfortable when you're far away from home.

You are quite passionate and easily tempted. Your impulses sometimes get you into trouble.



You are truly an original person. You have amazing ideas, and the power to carry them out.

Success comes rather easily for you... especially in business and academia.

Some people find you to be selfish and a bit overbearing. You're a strong person.



You are friendly, charming, and warm. You get along with almost everyone.

You work hard not to rock the boat. Your easy going attitude brings people together.

At times, you can be a little flaky and irresponsible. But for the important things, you pull it together.



Hohoho..ternyata ngga percuma papa mama saya menamakan saya Ivana.

Award a.k.a PR dari Bung Jimmy



Ini ni rulesnya:
1. Each blogger must post these rules
2. Each blogger starts with 5 (five) gokilisme, crazies or unusual things that they do.
3. Bloggers that are tagged need to write on their own blog about their 5 (five) things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose 10 people to get tagged and list their names.
4. Don’t forget to leave them a comment telling them they’ve been tagged and to read your blog.
5. hug together .. hahahahaha...
6. (additional rule)do not forget to Add a link to the person who awarded you,hehehe

Ini dia 5 kegilaan saya :

1. Saya pernah ngga tidur selama full 24 jam untuk mengurus becim saya.(rekor saya sampai sekarang tuh…ada yang bisa nyaingin?).


2. Saya pernah tidur full 13 jam non stop karena lelah beraktivitas, yang kemudian mengangkat posisi saya sebagai nomor dua tukang tidur di rumah. Keluarga kami memang dikenal tukang tidur semua. Bayangkan aja, koko saya si juara 1 tukang tidur pernah tidur 27 jam non stop. AJAIB nggak tuh?


3. Waktu SD di Ternate, saya pernah manjat tembok sekolah hanya karena ingin main basket di lapangan basket sekolah dengan teman saya pada waktu liburan. Akhirnya, karena itu pertama kalinya, malah ketahuan dan dikejar-kejar penjaga sekolah yang tinggal di belakang sekolah,hohoho..untung saya larinya cepat…


4. Saya pernah ke mall dengan baju yang sering saya pake tidur pas SABTU SORE!!. Untung kejadiannya di Surabaya jadi ngga ada yang kenal saya (I wish…). Jangan ditanya mengapa (kalo diceritakan alasannya, akan menjadi lebih memalukan lagi). Yang pasti, itu adalah salah satu kebodohan terbesar yang pernah saya lakukan seumur hidup saya. Akhirnya, kalo diingat-ingat, saya jadi heran sendiri mengapa saya bisa senekat dan segila itu yah?


5. Pas saya SD,pernah ada acara di tempat ibadah saya yang mana, tarian menjadi salah satu hiburannya. Saat itu, karena kurangnya peminat pria, saya kemudian diputuskan untuk jadi salah satu penari pria saja,huwaaaa…mana pas hari H-nya saya musti pake kumis palsu segala….hikz…

Nb: Mba Kristinaaaa...kok blognya ngga bisa dibuka? kata bung bloggernya, karena saya bukan pembaca yang diundang, jadi, saya ngga bisa ngambil awardnya deh...hikz...

Pada akhirnya, saya akan membagikan semua PR dan award ini untuk 10 blogger lainnya yang sekarang sedang menahan nafas,hehehe...bagi yang rajin, silahkan dikerjakan semua. Bagi yang sudah pernah mengerjakan, kerjakan saja yang belum dikerjakan.Bagi yang sibuk, minimal kerjakan satu dan bagi yang nggak mau....hik...hik...huwaaaaaaa!!!!!! (shhhh...bikin malu aja!!)
1.Wiend
2.Moehfi
3.Ciput
4.Ifoell
5.Mencoba Hidup
6.Erwin
7.Kodokijo
8.Ardy
9.Judotenslab
10. Blogendeng

Pedofilia dilegalkan?



Tak bisa saya bayangkan apa yang akan terjadi apabila kaum pedofil di Amerika sono mendengar kasus Syekh Puji ini. Mungkin mereka akan berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk menikahi anak-anak dari keluarga miskin, yang pastinya akan dengan mudah diterima dengan mempertimbangkan harga dolar yang makin melejit dan status mereka sebagai bule, yang memang sedang tren sebagai calon suami.


Saat saya mendengar berita tentang Syekh Puji dan Ulfa, hanya hal di atas yang sempat terpikir oleh saya. Kok aneh ya, bisa-bisanya ada orang tua yang merelakan anaknya dipoligami oleh seorang pria tua hanya karena uang tapi, inilah Indonesia. Nasib Ulfa sebenarnya masih mendingan dibanding nasib para wanita muda yang kemudian dijual orang tuanya untuk kawin kontrak maupun hanya sekedar sebagai pemuas nafsu lelaki hidung belang. Yah, inilah Indonesia.


Yang menarik di sini, menurut Koran lokal yang saya baca, Syekh Puji bahkan sebenarnya mengadakan sayembara atau sebut saja lowongan istri yang dikhususkan bagi anak seumuran ulfa. Loh? Ada yang aneh di sini. Mengapa kasus ini justru terkuak saat syekh puji sudah menikah selama 3 bulan dan bukannya saat syekh puji mengadakan sayembara?


Tapi,sudahlah. Biarkan saja semua berjalan sebagaimana mestinya karena saya sendiri cukup merasa penasaran mengenai akhir kasus ini, yang semakin ruwet dengan adanya pernyataan dari ulfa yang menyatakan kalo dia sudah jatuh cinta dengan Syekh Puji. Hayoo,kalo sudah seperti ini, siapa lagi yang harus disalahkan?
Nb: Untuk mba’ fatamorgana,mba' kristina,bung erik dan bung ombung, PR dan award-nya saya kerjakan di postingan selanjutnya saja yah? hehehe...ayo,ada lagi yang mau menambah tugas untuk saya?hehehe...

Sakit Apa Sekarang?



Beberapa waktu ini, saya sempat cuti blogging (halah!!) karena becim (istri dari adik bungsu papa saya a.k.a mamanya Gaby) saya sakit dan saya yang ditugaskan untuk menjaga yang bersangkutan di rumah sakit. Riwayat sakit tante saya cukup menarik yang bikin saya teringat sama lagu “sedang apa?” (Itu tuh, yang liriknya:sedang apa, sedang apa, sedang apa sekarang?) jadi, saya memutuskan agar postingan kali ini dibuat berdasarkan lirik “sedang apa”.


A: Sakit apa, sakit apa, sakit apa sekarang?
B: Sakit Gondok, Sakit Gondok, Sakit Gondok sekarang.
Yup, diagnosa pertama menyatakan becim saya terkena gondok, yang menyebabkan sering panas, merasa pusing dan berat badan menurun drastis. Di saat ini, becim sering mengeluh maagnya sakit. Karena merasa ngga memuaskan, suaminya memutuskan untuk pindah dokter. Nyanyi lagi deh...


A: Sakit apa, sakit apa, sakit apa sekarang?
B: Gejala Malaria, Gejala Malaria, Gejala Malaria sekarang.
Dokter yang baru ini memberikan obat secukupnya karena belum mengetahui penyakit selain gondok yang bikin badan becim saya semakin lemas. Esoknya, becim tak bisa bangun, buka mata pun tak bisa. Dokter yang kemarin curiga itu adalah gejala malaria jadi kami sekeluarga pun melarikan becim ke rumah sakit.
Naah, akhirnya ketauan mengapa becim sampe ngga bisa bangun, bahkan membuka matanya: KARENA OBAT TIDURNYA DOBEL. Jadi, setelah dokter kedua memberi obat, ternyata obat pertama masih diminum dan lucunya, ngga ada yang tau kalo masing-masing dokter memberikan obat dengan dosis obat tidur yang cukup tinggi. Oalah!!Di fase ini, becim sering mengeluh sakit maag juga.



A: Sakit apa, sakit apa, sakit apa sekarang?
B: Batu Empedu, Batu Empedu, Batu Empedu sekarang
Yup, ternyata, sakit maag yang selama ini kami remehkan adalah penyakit intinya, karena yang menyebabkan becim sakit adalah sakit pada empedu. Oalah…
Doakan yah, biar becim saya cepat sembuh.


NB:
1.Selamat buat teman blogger saya, Andrei, yang berhasil membukukan blognya dengan judul Travellous. Saya yakin, pasti banyak yang beli karena seperti yang sering saya baca di blognya, cerita perjalanannya ke Asia dan Eropa sangat menarik. Belum lagi kisah romantisnya,ehm…ehm…
2.makasih buat mba' nita atas komennya di postingan tentang agama dan ilmu pengetahuan. Akhirnya, ketemu juga penyelesaiannya,hehehe

Posting Lebih Baru Posting Lama