Akhirnyaaa....Pulang Juga...


Batu Angus



Bagian Kedua Pantai Sulamadaha



Danau Tolire



Pulau Maitara



Karena sekarang lagi musim liburan, saya cerita tentang liburan saya saja,ya?hehehe…
Bulan lalu, setelah delapan tahun merantau di propinsi orang a.k.a Manado (wuiiih, lagaknya), saya akhirnya pulang ke tempat asal tercinta saya yang terletak di Ternate, Maluku Utara.
Mulanya, sangat sulit bagi saya untuk meninggalkan Ternate yang “kita sayang skali” namun kerusuhan yang terjadi pada tahun 1999 memaksa saya dan keluarga untuk keluar dari tempat kelahiran saya itu,hiks.

Jujur saja, pada waktu saya pulang Ternate, banyak sekali perubahan yang terjadi karena terdapat banyak bangunan baru yang dibangun walaupun tetap masih ada sedikit bangunan yang masih sama seperti dulu. Yang jelas, saya ingat sekali kalo di hari pertama saya di sana, waktu saya tiba di rumah, rasanya air mata saya hampir menetes dan saya berbisik pada diri saya sendiri, “Akhirnya, pulang juga….”.
10 hari di Ternate benar-benar saya manfaatkan dengan baik, mulai dari mengunjungi sekolah saya dulu sampe jalan-jalan ke berbagai tempat wisata yang masih saja dilakukan pake kijang,hahahaha….
Jujur saja, di Ternate, kami hanya memakai mobil sewaan tapi, sewaan atau punya sendiri, kalo namanya jalan-jalan, tetap aja asyiiik…..maka meluncurlah gerombolan kami dengan memakai Innova untuk berkeliling.
Nah, saat berkeliling itu, ada beberapa tempat yang berkesan seperti batu angus, tumpukan batu yang merupakan sisa lahar dari gunung yang meletus. Kata orang-orang sekitar, tempat ini lumayan angker jadi kadang kalo foto di sini, ada “sosok putih tak dikenal” yang muncul,hiiii…Untung di foto saya ngga ada.
Trus, ada pantai sulamadaha yang unik karena terdiri dari dua bagian :
Bagian pantai yang pertama langsung bisa diliat pas nyampe dan Bagian kedua harus dicapai dengan berjalan sedikit jauh atau naik perahu. Nah, bagian pantai yang kedua ini pemandangannya lebih menarik jadi, lebih banyak foto-fotonya,hehehe…tapi, bagian pertama lebih berkesan karena disini lebih banyak orang yang jualan dan kebetulan saya ditraktir makan pisang goreng dan minum air kelapa muda…SEPUASNYA!!!Huahahaha…Saking banyaknya yang dimakan gerombolan kami, si penjual sampe terharu dan memberikan diskon sehingga akhirnya kami bisa membawa pulang beberapa kelapa muda. Untung deh pake Innova jadi tempatnya masih cukup luas buat para kelapa muda,hihihi….
Kemudian ada danau tolire yang terkenal. Secara ilmiah sih, katanya terjadi karena ada sebuah gempa tapi, kalo menurut legenda, dulunya di tempat itu ada banyak orang yang berbuat mesum sehingga akhirnya diberi hukuman dan berubahlah tempat itu menjadi danau . O iya, kalo kalian sempat ke sini, coba deh lempar batu ke danau ini. Dijamin sebelum menyentuh air, tu batu langsung menghilang.
Dan yang terakhir,jreng…jreng…jreng…ada pulau maitara. Coba deh kalian ambil uang seribu rupiah dari dompet kalian. Nah, pulau maitara itulah yang nampang di balik Pahlawan Pattimura. Untung deh, bisa mengambil gambar pulau itu untuk kenang-kenangan, soalnya aku diajak makan ke restoran yang memberikan akses ke pemandangan ini. Tuhan benar-benar maha kuasa,ya?Semua yang diciptakannya …INDAH!!!
Setelah pulang ke Manado, rasanya puas sekali. Lain kali, kalo sempat, saya bakal pulang kampung lagi deh, soalnya 10 hari terasa begitu singkat. Mungkin di berita, kalian hanya melihat kekacauan dan demo di Ternate tapi, percaya deh, Ternate benar-benar indah luar biasa. Bahkan, pas berada di bus untuk menuju ke pesawat, saya sempat ketemu sama bule amrik yang memuji-muji keindahan ternate. Wuaaah…saya langsung bilang kalo saya ini asli Ternate,wakakaka…Wah, rasanya tulisan di atas nggak mampu mendeskripsikan keindahan Ternate jadi kalo tertarik,segera masukkan Ternate di agenda liburan kamu,ya?

Posting Lebih Baru Posting Lama

25 Responses to “Akhirnyaaa....Pulang Juga...”

proletarman mengatakan...

alam Indonesia memang sangat indah.. Sayang tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal..
wah suka jalan2 juga yah..
saya sih tertarik ama anggrek yang ada di maluku..
bagus2..

taliguci mengatakan...

yakin, pasti lebih indah aslinya, picture never lies, hihihi..

ternate.. wah jadi pingin jalan-jalan ke sana..

nita mengatakan...

ivana, kok gak balik tinggal di ternate, kan udah aman? apa skarang ngana udah lebih betah di manado dg rica2nya itu...he3x

Raffaell mengatakan...

Keren, sayang kurang narsis, ehehehe

indo mengatakan...

Indah banget pemandanganya...

masenchipz mengatakan...

ajak-ajak klo mo photo2 donk bu.... maen photoan sendiri aja... hiks....hiks...

Kristina Dian Safitry mengatakan...

menyenangkan..

Raynata... mengatakan...

Huuaaahhh..kayaknya keren banget...jadi pengen kesana..kapan yah bisa kesana..padahal temen dari propinsi itu ada lebih dari stengah lusin..hhu...

Antown mengatakan...

antownholicontest#3 sudah dibuka. Gratis...tis...tis, semuanya bisa ngikut. Please visit my blog.

Desi_analea mengatakan...

Asyik ya...

fanani mengatakan...

tiada seindah kampung halaman....
terus eksploitasi apa yang ada didaerah anda, inforkan bahwa di kampung anda adalah tempat terbaik di dunia

Fauzan mengatakan...

jadi pengen pulang juga ke kalimantan..

huh,kangen ortu nih.Tapi untung ayahku bakal ke jogja awal agustus ini, obat kangen.

memang tuh, berita di TV cuma nayangin kekacauan n kerusuhan aja.padahal banyak hal2 n tempat2 menarik yang manapun di belahan indonesia ini untuk menarik turis2 asing berkunjung ke indonesia.hitung2 nambah devisa n investor asing yang sekarang udah pada lari gara2 pencitraan buruk negeri kita.

tulisannya mantap..

astrid savitri mengatakan...

wah indahnyaaaa...

senengnya punya kampung halaman
gak kayak saya
gak punya kampung
apalagi halaman :)

monsterikan mengatakan...

kelihatannya seru. gue suka bgt jalan2 ke tempat begituan.

apriany mengatakan...

saya juga pengen liburan!!!!!!!
haizzz..

brainwashed mengatakan...

wah bagus ya pemandangannya.. ck..ck.. ck.. jd pgn tamasya ke menado, btw dari menado ke bunaken masih jauh ya?

dee mengatakan...

pemandangan yg indah. aku blm pernah jalan2 ke manado.. ternyta banyak tempat wisata yg oke punya ya.. kapan aku bs main ke sana..?? *sambil ngayal..

travellous mengatakan...

balik lagi :)

yaah alam Indonesia gak kalah Indah, tulisan dan foto mu bikin ak menulis agenda untuk pergi ksana suatu saat nanti :)

sehat selalu!

pesisir-kidul mengatakan...

"O iya, kalo kalian sempat ke sini, coba deh lempar batu ke danau ini. Dijamin sebelum menyentuh air, tu batu langsung menghilang."

Yang benerrr??!!! hilang dari pandangan kali?????!! *tampang penasaran mode on*

jadi pengen maen ke ternate nie, kirain di sana cuma ada ribut2 melulu. ternyata banyak tempat indahnya ya...

Tony mengatakan...

wah bagus2 tempat wisatanya kapan2 boleh nebeng ga ya hehehe

sha mengatakan...

mo liburan jugaaaaaa donk, tp ga bisaaa

Ivana mengatakan...

proletarman:yah, begitulah. Kalo gitu, kapan ni ke ternate?
taliguci:yup..hayo..kapan datangnya?
nita:hahaha..bukannya nggak betah di ternate. Cuma, sudah terlanjur beraktivitas-ria di manado jadi akhirnya ngga bisa ditinggalkan untuk tinggal di ternate
raffael:sadis,hikz..hehehe
indo:yup,thx
masenchips:nanti deh, saya tambahin foto kamu pake photoshop,wakakaka
kristina:hmmm...
raynata:wah, hebat ni pergaulannya,hehehe
antown:yup, ayo rame-rame ikutan...
desi analea:yup, asik...banget...
fanani:siaap...
fauzan:tengkyu
astrid:wakakaka
monsterikan:kapan ni..ke ternate?
apriany:mmm...
brainwashed&dee:mm..tulisan saya ini sebenarnya tentang ternate but eniwei, manado-bunaken sekitar 30 menitan
travellous:SAYA TUNGGU POSTINGANNYA TENTANG TERNATE,hehehe
pesisir kidul:yup..ilang..mungkin karena em...gaya tarik bumi? atau apalah namanya itu...
tony:yup...
sha:cari waktu deh,hehehe

Antown mengatakan...

HEHEHE, belom diupdate nih. Jangan2 lagi wisata di tempat lain ya, Van? hmmm.... oleh2nya

rudi mengatakan...

Wah pemandangannya bagus banget nih, kalau emang Ivana seneng jalan-jalan gimana kalau aku nawarin coba ke Gunung Bromo, dijamin nggak kan kecewa deh??
Tapi sayang disaat-saat indah seperti itu seharusnya ivana bisa berbagi ceria dengan orang yang kamu sayang???
Ayo kapan nih kira-kira mo maried,ntar keburu "expired" lho hehehe....

Florence mengatakan...

Nice view