Apa Itu Pulitzer?

Kita sering mendengar tentang penghargaan pulitzer tapi, apa sih sebenarnya pulitzer itu?

Penghargaan Pulitzer (bahasa Inggris: Pulitzer Prize) adalah penghargaan yang dianggap tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat. Penghargaan ini juga diberikan untuk pencapaian dalam bidang sastra dan gubahan musik. Penghargaan Pulitzer pertama diberikan pada 4 Juni 1917, dan sejak beberapa waktu lalu, mulai diumumkan setiap tahunnya pada bulan April.

Penerima penghargaan ini dipilih oleh sebuah badan independen yang secara resmi diatur oleh Columbia University Graduate School of Journalism (Sekolah Jurnalisme Universitas Columbia) di Amerika Serikat. Penghargaan ini diciptakan oleh Joseph Pulitzer, seorang jurnalis dan penerbit surat kabar Hungaria-Amerika pada akhir abad ke-19 yang mana,penghargaan Pulitzer pertama diberikan pada 4 Juni 1917, dan sejak beberapa waktu lalu, mulai diumumkan setiap tahunnya pada bulan April.

Penghargaan diberikan dalam kategori-kategori yang berhubungan dengan jurnalisme, kesenian dan surat-surat. Hanya laporan yang diterbitkan dan foto-foto hasil karya surat kabar atau organisasi berita harian yang berbasis di Amerika Serikat saja yang berhak menerima penghargaan jurnalisme.


Posting Lebih Baru Posting Lama

2 Responses to “Apa Itu Pulitzer?”

antown mengatakan...

saya dapat kata pulitzer sudah beberapa abad yang lalu hahaha...
sori becanda.

salah satu orang yang mendapatkan penghargaan ini adalah karyanya yang menggambarkan kemiskinan di sebuah negara. ada anak kecil kulit hitam kurus tak berdaya, di sebelahnya ada burung bangkai yang siap memangsanya...

sedih, bgitu menyentuh.

Blog Sejarah mengatakan...

good artikel sobat:), aq juga bahas topik mengenai sejarah pulitser di blogku.
silahkan bisa tengok2 artikelnya di sini

btw, org mdo? di mdo sblh mana dank? salam kenal jo neh :)