Saya Bangga, Saya Unik


Semasa saya masih kecil, saya adalah tipe anak yang haus akan kemenangan karena menurut saya, hal itu akan membuat saya mendapatkan perhatian lebih. Hal itu pun mendorong saya menjadi anak yang selalu memberikan 100% dalam segala hal, baik dalam lomba-lomba “remeh” seperti lari karung sampai dalam hal pelajaran, termasuk dalam sebuah tes bahasa Indonesia di kelas saya yang menjadikan membaca dongeng sebagai salah satu bagian dari tes.


Saya masih ingat, waktu saya tahu mengenai perihal tes membaca tersebut, saya langsung bersemangat. Saya tahu saya pasti akan mendapatkan nilai tertinggi dan karena itulah, saya terus melatih cara saya mengucapkan setiap kata-kata setiap hari sebelum hari H.


Akhirnya, hari yang saya nanti-nanti tiba juga. Saya sudah memberikan penampilan saya yang terbaik dan saya tak sabar lagi untuk mendengar hasilnya namun, ternyata saya bukanlah yang terbaik. Namanya juga anak kecil, saya menjadi kesal terhadap guru saya tapi akhirnya rasa kesal itu menjadi rasa malu ketika teman saya mengatakan bahwa mereka tak bisa mendengar dengan jelas apa yang saya katakan, karena lidah saya memang tak bisa mengucapkan huruf “R” dengan sempurna.


Sejak saat itu, saya menjadi minder setiap kali ada sesi membaca dalam pelajaran bahasa Indonesia. Suara saya tidak seperti dulu lagi, karena saya selalu membaca dengan suara pelan dan tak mau ditertawakan teman-teman. Saya benci dengan kenyataan bahwa lidah saya berbeda dengan teman-teman saya. Saya benci bahwa lidah saya tak bisa mengucapkan hal yang sama dengan teman saya. Saya menjadi malu dan benci pada diri saya sendiri.


Namun, semuanya berubah saat saya menjadi yang terbaik dalam pelajaran bahasa inggris karena saya memiliki cara pengucapan paling sempurna dibanding teman-teman saya dan hal itu kemudian memompa rasa percaya diri saya. Saya tak perlu malu lagi menjadi cadel karena walaupun payah dalam bahasa Indonesia, saya hebat dalam bahasa inggris. Saya jadi sadar, saya bukannya beda, tapi saya unik. Saya memiliki sesuatu yang tak dimiliki teman-teman saya dan keunikan itu akan membantu saya dalam segala hal.
Saya pun menjadikan keunikan saya sebagai lelucon yang membuat saya memiliki banyak teman, membuat saya mudah dikenal dalam sebuah komunitas, membuat saya mendapatkan nilai yang tinggi untuk pelajaran bahasa inggris dan karena saya akhirnya kembali menjadi si haus kemenangan, saya berusaha mengimbangi kekurangan saya dalam membaca dengan belajar menulis dengan giat sehingga akhirnya, saya memiliki total nilai bahasa Indonesia yang lebih tinggi dari seluruh teman sekelas saya.


Kini saya mengerti, betapa beruntungnya menjadi orang yang unik, yang berbeda dengan teman-teman lain karena itu bisa membuat saya menonjol diantara berbagai keseragaman yang membosankan dan karena itulah, bila dulu saya katakan, “Saya malu karena saya berbeda” , sekarang saya akan mengatakan dengan penuh percaya diri, “Saya Bangga Karena Saya Unik”.

Posting Lebih Baru Posting Lama

29 Responses to “Saya Bangga, Saya Unik”

wawanwae mengatakan...

wah, pertamax!
betul, dalam hal tertentu keunikan justru jadi nilai plus. tetap semangat!

JiMmY luVhaRa mengatakan...

kalau jimmy .. jimmy senang karna jimmy montok .. hohoho.. ga deng becanda..

ya unik itu mencerminkan sesuatu yang lama... yang tak bisa di patahkan oleh arang.. dan mempunyai arti tersendiri.. lagi pula UNIK itu sesuatu yang ANTIK..

ivana unik dan ANTIK ga ??

JiMmY luVhaRa mengatakan...

oia satu lagi lupa .. tenang ivana.. kamu tak sendiri yang mempunyai kelebihan tidak bisa bilang "R" a.k.a cadel.. i'have to ivana. so. don't worried about that, your not alone for this problem .. hohohoho

lagi pula orang cadel itu pinter2 loh dari logika dan juga sistematikanya ..(bangga..bangga.. hohoho.. hidup unik.. hidup cadel.. hidup jimmy montok ..hohoho)

radhi mengatakan...

brarti kamu ngomongnya kaya chinta lhaura dong??hehehe...

emang hari gini masih masalah yah ama kecadelan?ga kan.. u r wat u r

dee mengatakan...

ivana, klo cadel kan artikulasi bhs inggris-nya bagus.. jangan minder lg.. bnyk org yg cadel, tp ttp berprestasi dan unik kok..

googleholic mengatakan...

weh..... semangat..

Insantiable mengatakan...

bukunya milik teman se asrama. betul, sama denganku, hampir 85% temanku menyebutku orang aneh. dan itulah yang membuat aku terkenal. hehehe

tamrin mengatakan...

bukunya milik teman se asrama. betul, sama denganku, hampir 85% temanku menyebutku orang aneh. dan itulah yang membuat aku terkenal. hehehe

>> Yang tadi pake akun orang lain. hehehe

undercover mengatakan...

Karena kita beda itulah kenapa kita harus bangga. Artinya kita mempunyai kesempatan menunjukkan kelebihan yang gak dimiliki orang lain.

Oya, kebetulan saat ini saya sedang berdiam di kota Cakalang, mungkin sampai tahun depan paling cepat. Makanya saya bingung, kenapa jarang sekali saya temui blogger disini. Atau saya yang gak tau aja kali ya.. he :P

cahpesisiran mengatakan...

hehe sebelum baca postingannya saya kira ivana beda (baca: unik) karena gendut waktu kecilnya. habis gambar bebeknya gitu sih. haha becanda lho non.

btw, saya setuju dengan cara pandang ivana, "bukan beda, tapi unik"
eh boleh dunk saya diajarin bahasa inggris..

Tony mengatakan...

wah keren aku malah mati2an belajar inggris ga bisa2...memang tiap orang punya keunikan sis :)

erwin mengatakan...

klo ga uniq ga asik..itulah yg membedakan diri kita dengan orang lain..bener ga..:)

living silence mengatakan...

boo unik itu ngga dimiliki semua orang, jd beruntunglah :)

Pythia mengatakan...

wow.. as usual, what a really nice thought sis! setuju bangeetsss!! ^_^

elys welt mengatakan...

biasanya org suka yg pasaran ya, sering takut kalau berbeda dr yg lainnya

aan mengatakan...

semua org punya keunikan,,,,

@ JiMmY luVhaRa berkata...

kalau jimmy .. jimmy senang karna jimmy montok .. hohoho.


heheheheheh
sama bro..

kelebihanku lainnya yang unik adalah aku tuh bacot....

g bisa diam....
tapi karena itu aku bisa ngomong di depan umum...

thx lord luv u so much

aha mengatakan...

manusia tuh di ciptakan sempurna ... hanya manusia aja yang mendifinisikan kurang dan lebih...

Caroline Sutrisno mengatakan...

wah, sama keik si bontot ku tuh... ngucapin "R"nya unik...
tapi klo ngomong inggris jadi kei bule beneran. hehehe...

ijal mengatakan...

betuuulll... yang penting... cinta indonesia... hehe..

nita mengatakan...

kalo mo ngetop harus unik. kalo biasa2 aja malah gak tenggelam di antara orang2 lain. buktinya tukul monyong unik kayak gitu malah jadi ngetop...wakakakak

vin mengatakan...

setiap orang memiliki keunikannya masing-masing, jadi dinikmati saja karunia pemberian Tuhan itu. kalo semua orang sama, pasti dunia ini jadi tidak indah. bukan begitu mbak ivana?

:) salam

IYeeS mengatakan...

"jadikanlah kekurangan sebagai kelebihanmu..."

akhirnya saya mengerti arti kalimat ini... thanks sob...

seezqo mengatakan...

Ternyata kamu haus kemenangan ya :) Harusnya ikut olimpiade dong ...

Gak apa2 kalo gak bisa ngomong "R" kan dah ada novel tanpa huruf "R". Banyak kok orang cadel yg lebih sukses daripada yg gak cadel. Jadi apalah gunanya huruf "R"........

Ivana mengatakan...

wawanwae,tamrin, erwin, living silence, tony,aan n googleholic:sip!!
jimmy:saya untik dan (c)antik,hahaha
radhi:yah, begiculah cala saya bicala,hehehe
dee:makasih (mata berkaca-kaca karena terharu)
undercover:kayaknya kamu kurang teliti,hayo...bikin penelitian manado undercover,hehehe
cahpesisiran:hahaha,bahasa inggris saya biasa aja,bro.Jadi malu...
pythia:thanks,sis!!
elys:begitulah...
aha:setujuuu!!
caroline:wah,ternyata banyak juga teman cadel di luar sana..
ijal:...?
nita:hahaha...
vin:salam balik
iyees:sama-sama
seezqo:mm...(ngga bisa berkata apa-apa saking terharunya_

kRucIaL mengatakan...

wkwkwk...
itu sepertinya diskriminasi yah ^^

yang unik itu yang bikin greget,
@ kak nita
wogh iy yah si tukul tuh unik malah ngetop tuh wkwkwk...
berarti tukul ngetop juga jualan tampang yah... >,<

gus mengatakan...

kita bisa dikenali org karena kita berbeda dengan yang lain kan?

Muhammad Qori mengatakan...

saya juga sama;

saya bangga kalau saya dibilang unik....

Tapi manusia kan beda beda....

byme mengatakan...

Harus bangga dunk dengan dirinya sendiri apa pun itu coz to be your self (sok inggris)
byme

youlookmagazine.blogspot.com mengatakan...

anda dapat belajar mengucapkan huruf R dengan saya. Lihat iklan saya di tokobagus.com