Secuil Inspirasi Buat Para Penulis

MALAM YANG SEMPURNA UNTUK MATI

Diambil dari cerita “A perfect Night to Die” karya Dierdre W Honnold di Chicken Soup for The Writer’s soul

Ketika aku masih kecil, ibuku sangat suka berbicara tentang cerita yang suatu hari akan ia tulis dalam bukunya. Ia akan menggunakan semua pengalamannya, dan segala sesuatu yang telah ia pelajari tentang semua pengalamannya, dan segala sesuatu yang telah ia pelajari tentang semua orang yang ia kenal, dan menulis sebuah novel. Aku selalu senang ketika ia mulai mengatakan hal itu, karena entah bagaimana hanya dengan membicarakan hal itu tampaknya membuat ibu bahagia.

Itu pasti sesuatu yang menyenangkan, pikirku, menulis sesuatu yang begitu indah! Kami semua akan menjadi terkenal dan kaya, ibu berjanji. Dan aku mempercayainya; hanya membicarakannya sudah membuat ibu begitu bahagia. Aku bahkan tak bisa membayangkan betapa bahagianya kami ketika hal itu menjadi kenyataan.

Ketika tumbuh semakin besar, aku menjadi tidak sabar jika ibu mulai berbicara mengenai bukunya. Karena bahkan saat itu pun aku tahu jika seseorang ingin menjadi penulis, ia harus menulis, bukan membicarakannya. Entah bagaimana, ibu tidak pernah menulis.Tapi aku melakukannya, dan secara ajaib, beberapa tulisanku diterima sehingga aku pun menjadi penulis.

Beberapa tahun kemudian, ayahku menelepon; tiba saatnya bagiku dan saudara laki-lakiku untuk pergi menjenguk ibu kami untuk terakhir kali.

Ibu meninggal sebelum fajar.

Bukunya pun mati bersamanya.

Padahal, jika ia menulisnya, pasti bagus.

Ceritanya telah menghangatkanku, menghiburku, menggembirakanku, dan membuat kami menjadi semakin dekat ketika aku masih kecil. Buku itu berisi semua impian dan harapan ibuku, dan memberinya sesuatu untuk didambakan.

Buku itu mati malam itu.

Seorang penulis harus menulis. Itulah warisan ibuku untukku. Betapa aku sangat ingin membaca cerita ibuku.

Aku harus memastikan anak-anakku sendiri takkan penah merasakan penyesalan sedalam itu, mendamba sebesar itu untuk mengetahui ibu mereka. Aku harus memastikan bahwa kata-kata di dalam diriku mempunyai suara yang bisa kubagi. Aku akan menulis.

Dan pada malam kematianku, anak-anakku akan mengetahuiku. Mereka akan mengetahui bahwa aku mencintai mereka dan alasannya. Mereka akan mengetahui aspek hidup yang kucintai, dan bahwa aku seorang penulis.

Maka saat itu akan menjadi sebuah malam yang sempurna untuk mati.



Note: Jika kamu tertarik menjadi penulis, buku Chicken Soup for The Writer’s soul ini adalah buku yang sempuna untuk menjadi pegangan kamu. Kalo untuk aku pribadi, ini salah satu cerita yang paling menyentuh dan bikin aku berjanji kalo suatu saat, saat sudah waktunya aku menghadap Saat Yang Kuasa, aku nggak boleh ada penyesalan. Mungkin ini sebabnya sampai ini kamu masih membaca tulisan-tulisan urakan dari Orang Aneh yang satu ini yang, entah mengapa merasa bahwa menulis bisa menghidupi dirinya.


Posting Lebih Baru Posting Lama

One Response to “Secuil Inspirasi Buat Para Penulis”

Annie mengatakan...

pengen banget ci belajar menjadi penulis yang baik.... yang karyanya layak baca...:D

cos annie selama ini mmg doyan nulis tapi asal nulis...

oya.. klo kamu mau buat link priend kyk punya annie tar annie ksh skripnya lewat email... or lewat mana?

trus satu lagi klo kamu pegen punya tulisan bergerak kyk di blog ini http://riderlife.blogspot.com
tar annie buatin juga...

cos itu yg buatin annie...

email annie ini:
annie_girlzz@yahoo.com