Please,Jangan bertanya waktu aku presentasi

Dulu waktu kuliah (contohnya kebanyakan waktu kuliah soalnya waktu kuliah, bawaannya presentasi melulu, apalagi waktu di semester akhir,GUBRAAK!!), aku termasuk si aktif bertanya. Yang aneh di sini, beberapa temanku sering meminta agar aku nggak bertanya saat mereka presentasi dengan menelorkan beberapa alasan:
1. Mereka gugup waktu presentasi jadi, pasti blank dan nggak bakal bisa memikirkan jawabannya. Ada yang malah mengusulkan, bagaimana kalo ditanya pas klar presentasi aja... (orang yang aneh..)
2. Mereka takut malu saat nggak punya jawaban
Dan, ada ribuan alasan lainnya yang merupakan turunan dari dua alasan di atas.
Aku nggak pernah abis mengerti mengapa mereka harus takut pada pertanyaan yang ada karena menurutku, sukses nggaknya sebuah presentasi dapat dilihat dari jumlah pertanyaan yang ada. Kalo pertanyaannya banyak, berarti presentasinya menarik. Sebaliknya, kalo pertanyaannya sedikit berarti presentasinya nggak menarik a.k.a membosankan. Jadi, secara nggak langsung, mereka meminta aku untuk membantu mereka menggagalkan presentasi mereka dong...!!
Pertanyaan, menurut pendapatku adalah pengetes seberapa jauh pengetahuan kita tentang materi yang dibawakan. Kalo semuanya kejawab ya syukur. Berarti,persiapan kita OK tapi, yang menarik di sini kalo sampe kita nggak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Mm..kalo dari aku, kalo aku nggak bisa menjawab pertanyaan tersebut:
1. Mengakui kekurangan
Terkadang, kita harus mengakui kekurangan kita dan bukannya memberikan jawaban asal tanpa ujung. Katakan saja maaf karena belum sampai di pembahasan yang dimaksud dan kalau perlu, pertanyaan bisa dibuka untuk forum jadi, kalo ada yang tahu jawabannya boleh mengangkat tangan. Sebagai tambahan, yah...senjata terakhir adalah, silahkan bertanya pada narasumber yang duduk manis a.k.a dosen/guru kita.
2. Setelah Presentasi, gigih mencari jawaban untuk pertanyaan tersebut.
Kalo ada pertanyaan yang nggak bisa dijawab, berarti pengetahuan kita masih kurang yang artinya, setelah presentasi, bila kita memang berniat belajar, kita bisa mencari jawabannya di perpustakaan atau internet sehingga lain kali kalo ditanya lagi, kita bisa menjawabnya.
Pada akhirnya, pertanyaan dalam sebuah presentasi sebenarnya bukan hal yang patut ditakuti tapi harusnya adalah suatu hal yang melengkapi presentasi kita jadi, jangan lupa untuk selalu menaruh “Any Questions?” di akhir slide presentasi kamu,hihihi....


Posting Lebih Baru Posting Lama