TIPS MENULIS TIPS

Salah satu rubrik yang paling menarik dalam sebuah media cetak adalah tips alias bagaimana caranya membuat atau melakukan sesuatu. Berminat untuk menulis tips? Coba baca tulisan yang aku ringkas dari buku Quick Journalism :
1. Tahu “Bahasa” yang digunakan untuk menulis Tips
Untuk yang masih pemula, harus rajin membaca tulisan-tulisan tentang tips yang ada di berbagai media cetak. Semakin sering kamu membaca dan berlatih, semakin ahli kamu menulis tips bikinan kamu sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak perbendaharaan bahasa indonesia kamu.
2. Kamu pernah melihat hasil nyata dari tips yang kamu buat.
Nah, setelah melaksanakan langkah di atas, kamu harus mencoba dulu tips yang akan kamu tulis. Kalo kamu mau bikin tips menghilangkan noda, tentunya kamu harus sudah berhasil menghilangkan noda dengan merealisasikan tips itu (atau minimal melihat orang lain berhasil dengan tips kamu). Ingat!! Jangan sekali-sekali menulis tips yang belum pernah kamu lihat hasil nyatanya. Bisa amburadul,bo!!
3. Cantumkan Foto kalau perlu
Keberadaan foto tentang langkah-langkah tips akan mempermudah pembaca untuk mengerti tips kamu (apabila tips kamu cukup rumit) dan keberadaan foto-foto tentang hasil nyata tips kamu akan membuat pembaca kamu semakin yakin untuk segera mencoba tips kamu.
Sekedar tambahan, namanya juga tips, jangan sampai dibuat panjang seperti karangan. Tips yang baik haruslah singkat, padat dan jelas sehingga tak membuat pembaca bosan. Selain itu, hindari tanda tanya dalam langkah tips karena akan menurunkan tingkat kepercayaan pembaca pada tips yang kamu buat. Namun, untuk tanda tanya di akhir tips (contoh: apakah anda sudah siap untuk mencobanya?) tidaklah dilarang.


Posting Lebih Baru Posting Lama