YUK, BIKIN MAJALAH SENDIRI

Kadang-kadang, penolakan itu sakit.
Dan, sebelum (satu-satunya) artikelku dimuat, saya sempat putus asa.
Kayaknya, saya bukan penulis deh!
Tapi...Nggak!!
Saya adalah penulis (maksaa...) dan,
Akhirnya, saya bikin majalah sendiri (eng..ing...eng...) yang namanya d’max.
D’max itu majalah mini internal yang targetnya pemuda agama Khonghucu yang bermukim di Manado. Terbitnya Bulan April 2007 dengan 16 halaman dan Total Eksemplar: 25 majalah (Maklum, pemuda kami nggak banyak-banyak amat!!)
Sempat gugup juga sih, soalnya itu majalah coba-coba yang dibuat oleh penulis nggak berpengalaman kayak aku. Eh, nggak disangka ternyata mendapat respon positif.
Jadi deh, majalahnya terbit tiap bulan dengan pertambahan rubrik dan halaman sampe 50-an karena dibantu sama teman-teman lewat tulisan-tulisan hebat mereka.Pokoknya teman-teman PAKIN (Pemuda Agama Khonghucu Indonesia) MANADO TOP ABIS!!!
Sayang karena kesibukan masing-masing, sempat terjadi beberapa kali penundaan waktu terbit bahkan kadang-kadang terjadi akumulasi edisi yang artinya, sekali keluar untuk 2 bulan (hehehe..).
Kalo penasaran membaca d’max secara online, bisa lewat situs ini:
http://www.kongmiaolitang-mdo.com
trus, cari bagian d’max online. Atau, bisa juga lewat blog saya di
http://www.blogchex.com/thisisivana
dan klik Pakin Manado di bagian blogroll (promosi blog sendiri...cuih,hehehe)
(Sekedar info, layanan d’max online ini disediakan oleh salah satu anggota PAKIN MANADO yang kreatif: Denny Prayogo. Two thumbs up,Den!!).
Nah, back to laptop.
Karena keterbatasan dana,energi dan waktu, d’max ini sendiri masih dalam format hitam putih alias difotokopi tapi, kalo kamu berminat membuat majalah internal untuk komunitas kamu dengan jumlah eksemplar yang banyak, kamu bisa lewat penerbitan supaya lebih bergengsi,hehehe.
Bisa juga sih diprint satu-satu biar berwarna tapi,lelahnya itu lo.
Sekarang, soal manfaat dari capek-capek bikin majalah internal (lebih bagus sih, majalah mini), ada beberapa ni. Coba simak:

1.Tulisan kamu akhirnya NAMPANG DI MAJALAHManfaat ini jadi nomor satu, soalnya saya sendiri waktu terpikir untuk bikin Majalah Internal dalam bentuk mini, alasan kuatnya ya....yang satu ini,hehehe...

2.Tambah Pengalaman dan Pengetahuan
Untuk setiap staf majalah ini, semuanya bisa dapat pengalaman baru. Contohnya?
Yang bertindak sebagai pewawancara, bisa jadi lebih berani dan tau rasanya jadi wartawan,;yang bertindak jadi tukang cari data di internet dijamin tambah pinter soalnya pasti semua berita dan data yang ada dibaca semua;yang jadi penulis artikel lama-lama jadi punya style sendiri dalam menulis juga, jadi lebih kritis dalam menulis sesuatu;yang mengisi rubrik feature(teka-teki, tips atau apa kek) jadi bisa deh mengekspresikan diri sepuasnya; akhirnya, bagian layout dan percetakan bisa dapat trik-trik baru dalam melayout atau mencetak. Belum lagi bagian bendahara, editor dan masih banyak lagi.

3.Punya Kontribusi Pada Komunitas kamu
Majalah kamu pasti dong, punya kontribusi dalam hal informasi dan publikasi terhadap komunitas kamu jadi, enak dong, nggak hanya bisa mengeluarkan ide tapi juga bisa jadi pahlawan kecil-kecilan.

4.Dan, masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapat setelah membuat sebuah majalah sederhana untuk komunitas kamu.
Mau coba?
Kamu bisa baca lebih lanjut di tulisan saya : LANGKAH-LANGKAH SEDERHANA BIKIN MAJALAH SENDIRI.
Sekedar tambahan ya bos, saya ini hanya pemula di bidang ini tapi saya coba deh bagi-bagi pengalaman. Kalo ada langkah yang dirasa kurang efektif atau nggak sreg, saya mohon masukannya,ya?
Pliiiissss
Hidup Orang Narsis!! Hehehehe......


Posting Lebih Baru Posting Lama

One Response to “YUK, BIKIN MAJALAH SENDIRI”

Moehfi mengatakan...

makasi y mbak atas sharing ilmunya. jadi pengen buat majalah sendiri nih.