Tentang Marga


Suatu hari, aku menemani saudaraku beremail ria dengan ceweknya yang bermukim di Jakarta. Kebetulan, alamat email ceweknya terdiri dari nama lengkap ceweknya dan saat membacanya, aku iseng berkata, “Wah, kamu nggak boleh kawin sama cewek dengan marga kayak gini ni..”. Dia sempat terdiam, namun akhirnya terbahak-bahak saat menyadari kalau marga ceweknya Landjang sementara marganya sendiri adalah The. Bisa kamu bayangkan kalo ada acara di rumah mereka?
“Anda dimohon datang di rumah keluarga The-Landjang”,hehehe...


Cerita di atas sungguh terjadi lo, karena entah mengapa di manado banyak sekali marga yang aneh-aneh. Mulai dari Edward Kaki Lome (Kaki Lemas), Frans Hari Minggu, Gita Makan Besi sampe bahkan ada kenalanku yang nama tengahnya Hutri karena dia lahir pas 17 Agustus, yaitu pas Hut Republik Indonesia,hihihi...Karena marga yang aneh seperti ini, temanku yang bekerja di sebuah dealer di manado sampe ditelpon oleh kantor pusat di Jakarta untuk menanyakan kebenaran nama-nama marga itu.


Mungkin memang benar kalo shakespeare bilang, “Apalah Artinya Sebuah Nama” tapi, kalo bicara soal marga, lain lagi ceritanya. Marga akan menurun terus menerus dan rasanya kasian juga anaknya nanti kalo nama marganya aneh-aneh,hehehe...
Omong-omong, ada yang punya pengalaman serupa tentang marga yang aneh-aneh?

Posting Lebih Baru Posting Lama

25 Responses to “Tentang Marga”

Antown mengatakan...

hahahaa, hutri ada juga ya??

indo mengatakan...

Kalau begitu ga beda jauh dunk sama nama2 fam.nya orang Belanda....
Memang orang2 Belanda yang kuno suka memakai nama yg dihubungkan dengan status atau kejadian yang dijadikan sebagai nama fam...
seperti:
* zonder geld (ga' punya duit)
* geboren naakt (lahir telanjang)
* schoenmakker (pembuat sepatu)
* lange been (kaki panjang atau jangkung)

Kadang2 kalau gue nyebut nama panjang teman, suka ketawa sendiri...:)

richard™ mengatakan...

hii ivana...
kalo soal aneh, kayaknya suku karo lebih aneh dari kawanua deh. tetangga "karo" saya yang lama, marganya "bangun", dan namanya "jatuh". *ihik "jatuh bangun, namanya kayak lagu dangdut gituh* sigh.
soal nikah semarga, ada betulnya juga untuk tak terus dilangsungkan, karna itu berpotensi inses. katanya (bukan dokter soalnya), inses itu bisa membuahkan anak cacat. saya dulu juga hampir nikah semarga, tapi batal. why? karna istri saya yang sekarang jauh lebih cakep dan jauh lebih bener :P

*salaman kenalan ah sama noni manado*

Kristina Dian Safitry mengatakan...

ehm..kayaknya sama ya tradisinya dengan di propinsi indonesia nusa tenggara timur. waktu itu aku sempat ngelihat prosesi pernikahan dari dua marga yang sejatinya tuh gak boleh. agar tidak ada masalah dikemudian hari-karna terpaksa-emang harus nikah, dua marga ini tadi ada dan membuat acara adat yang dihadiri kepala suku adat dari berbagai marga.
unik aja aku ngelihatnya.

Tamrin-Next CEO mengatakan...

wah.. kok pake marga-marga gitu yah? saya tidak mengerti nih ^_^.

Tony mengatakan...

sis marganya apa? :)

dee mengatakan...

orang tuaku ga nurunin marga buat anak2 cewenya. jadi yang membawa marga "Andi Mackulau" cuma ade2ku yg cowo..

qpin mengatakan...

kalo masalah anehya sih aq rasa aneh juga,, kok marganya gitu.... sengaja dibuat ya...
yang q tau kan marga itu dari nenek moyang qt,, jd kesini nya g bisa buat" marga karena sudah nuruni marga,,

kayak aq nih hanya bawah marga ayah aq Sijabat.... tp marga nana aq g ke bawah Sirait,,, kan yang nuruni marga itu pihak cowo.....

Masenchipz mengatakan...

marga yang paling keren tuh marga apa ya? apa margaret? he..he.. pisss

seezqo mengatakan...

Kamu sendiri apa marganya ?
Aku sih berharap keturunan marga Da Vinci, jadi masih bisa ketularan geniusnya Leonardo :)

IYeeS mengatakan...

HUTRI hehe... ajaa ada. btw, misal udah di tetapin marganya ama nenek moyang, trus ama generasi mudanya di rubah biar tambah keren gtu marganya hee... itu bisa ga?!

nita mengatakan...

di US ada fam newman (manusia/lelaki baru); silverman (manusia perak); freeman (manusia bebas); bush (semak2/belukar); foreman (mandor); fisher (nelayan); dsb

Elys Welt mengatakan...

di sini mah lumayan banyak nama keluarga yg bikin senyum2

cahpesisiran mengatakan...

hahaha lucu2 nama marganya.
kalo di sini ga ada marga. yang ada pepatah, 'witing trisna aMARGA saka kulina'
*ga nyambung..*

living silence mengatakan...

hahahha, baru denger nih, ada marga the n landjang

indo mengatakan...

@ Nita...
Kayaknya hampir disemua negara ga beda ya...:)

gus mengatakan...

sedihlah aku. sijawa tanpa marga.hiks...

Rosa mengatakan...

wah...saya gak punya marga tuh....hehehheheee...tapi emang seru ya klo punya marga...

Jane mengatakan...

huahahahahhaa *ngakak tingkat tinggi* bisa2nya gitu ada yang sampe Makan Besi segala.. huakaka.. paraahh.. :D btw if me.. masi penasaran dari asalnya marga rajaguguk.. itu.. ada hubungannya sama *eehheem* kah?? :D kalo dirimu gak aneh kan sis? ;)

Mas Ridho mengatakan...

Aneh-aneh aja, gimana tuh kalo marga yang laki "Titi" dan yg perempuan "tgd", bisa² jd kayak gini :
Titi*gd

Cmn bercanda doang, maaf kalo ada yg marah.

kRucIaL mengatakan...

hahahaha....
ad dolo temen sekolah marganya silitonga...hahaha...

Caroline Sutrisno mengatakan...

baru tau klo ada marga gigit besi. kok bisa gitu yak? mungkin lahirnya waktu jaman kuda gigit besi kali yak? *dibahas* hihihi...

Ivana mengatakan...

antown:hehehe...sampe segitunya ketawa kamu. Awas dimarahi sama yang punya nama lo,hihihi...
indo:hahaha...baru tau kalo orang belanda juga kayak gitu.Untung ada info dari kamu soalnya,ngga ngerti tuh arti marganya kalo cuma baca sekilas,hehehe
richard:hohoho,ngaku kalah deh..
mba' kristina:mm...sebenarnya the dan landjang itu dibahas karena lucu dan bukannya karena dilarang tapi, makasih atas infonya mba'..
tamrin:mm...?
tony n seezqo:marga saya, seperti sepupu saya:The. Singkat, padat dan jelas,yah?
dee:Jadi, marga kamu...?
qpin: sola pembuatan marga,kurang tau juga yah. Mungkin karena mereka iseng,hehehe
masenchipz:hohoho...
iyees:perubahan marga?mm...mungkin harus puasa 7 hari 7 malam ngga...kentut?hehehe
nita: o iya ya...ada juga artis morgan freeman...
elys:hayo...dibagi dong senyumnya di sini...
cahpesisiran:hehehe
living silence:mmm...perkenalkan, saya salah satu yang bermarga The,hehehe...
gus:saya turut sedih,mas...
rosa:yup. Kalo ngga punya marga, berarti namanya rosa doank,dong?hehehe
jane:menurut kamu, marga The itu aneh ngga?
mas ridho:hehehe
krucial:numpang tanya, apa arti silitonga sehingga lucu?
caroline:hayo, saya bilangin lo sama orangnya...

novi mengatakan...

ihhhh untung orang jawa gak pake marga2an segala macem hehehe...salam kenal ya...

arielz mengatakan...

hehehe, lucu juga

itulah bagian dari kebhinnekaan indonesia, we should proud of it

untung saya peranakan madura jawa, ga pake marga-margaan kaya gini, hehehe