Sst…Jangan Bilang Siapa-Siapa (2)


Salah Satu "The Beach" di Sulawesi Utara



Saya baru saja selesai membaca “Naked Traveller”-nya Triniti dan,itulah alasan mengapa kemarin saya bela-belain begadang nonton “The Beach” di RCTI supaya bisa melihat pantai Thailand yang disebut surga oleh Trinity. Ceritanya unik, tentang sekumpulan turis yang sebegitu terpesonanya dengan “the beach” itu sehingga akhirnya membuat komunitas rahasia yang mana, ngga boleh ada orang luar yang tau tentang tempat indah itu.


Nah, pas nonton, saya setengah ngiler (wuiih..bodynya Leo…Halaah!!) dan setengah ketawa.Bukan,bukan karena filmnya lucu.Bukan juga karena saya gila tapi karena kondisi “The Beach” dan Indonesia itu kurang lebih sama.


Cerita tentang komunitas yang menyembunyikan tempat indahnya,sama persis seperti Indonesia.Ngga percaya?


Saya sudah liat pantai surga yang ada di “The Beach” dan saya yakin,banyak kok pulau dan pantai di Indonesia yang seperti itu, yang parahnya ngga terurus .Ngga tau yah kenapa.Gilanya lagi,kalopun ada “The Beach” yang sudah terurus dan dieksplore, kepemilikan dan pengelolaannya kebanyakan dipegang oleh orang asing. Oalah.Ini nih yang namanya merdeka?Nah…bingung kan?


Tapi sudahlah.Mungkin karena ada begitu banyak masalah yang dihadapi Indonesia sehingga kita harusnya “memaklumi” fenomena "The Beach" ini.Karenanya, kita beralih ke hal yang lebih mudah,yang kira-kira bisa dibantu oleh blogger-blogger seperti kita.Yup!!


Sejauh yang saya tahu,karena rusaknya image Indonesia di mata Internasional,kebanyakan Orang Indonesia yang pergi keluar Indonesia sering malu mengakui dirinya sebagai orang Indonesia, apalagi menjelaskan tentang Indonesia.Yup!Indonesia telah menjadi “The Beach” yang orang-orangnya seolah ngga mau orang luar tau kalo Negara mereka yang luar biasa indah ini patut dikunjungi orang.Hey, memangnya ngga malu mengaku sebagai orang dari Negara merdeka padahal negaranya bahkan ngga diketahui keberadaannya?


Jadi, dalam rangka merebut kemerdekaan (dalam konteks diakui oleh Negara lain),bagusnya para blogger seperti kita rajin-rajin bercerita tentang propinsi masing-masing beserta potensi pariwisatanya.Kalo bisa sih, setiap orang membahas propinsinya masing-masing, mulai dari tempat pariwisata sampe souvenir jadi, setiap propinsi di Indonesia bisa mendapatkan promosi merata.Biar orang luar tau kalo ada sebuah Negara merdeka bernama Indonesia yang butuh dieksplor (bukannya dieksploitasi).Bahkan, akan lebih keren lagi kalo seandainya ada hari khusus dalam sebulan dimana blogger Indonesia secara serentak akan membicarakan tentang pariwisata propinsinya.Wuiih,keren!!

Pada akhirnya, postingan di atas hanyalah wujud dari keinginan kecil saya agar Negara kita ngga lagi menjadi “the beach” tapi adalah sebuah Negara merdeka yang dikenal dunia sebagai Negara dengan ribuan pulau dan pantai yang indah.Hidup Indonesia!!

Posting Lebih Baru Posting Lama

19 Responses to “Sst…Jangan Bilang Siapa-Siapa (2)”

PenCuri Kode mengatakan...

ya pantai di indonesia kurang terawat mungkin kurang gajinya mbak...heee...heeee

rezKY p-RA-tama mengatakan...

pantai indonesia paling bagus cuma ya gitu,,,kagak da yang perhatian lebih,,,,,
kalo gak berhubungan dengan uang pasti gak diapa2in,,hehehe

cahpesisiran mengatakan...

postingan yg sangat simpatik dan menggugah pikiran sis.
saya setuju, semestinya jangan cuma mempromosikan 'kekisruhan' yang dibuat oleh para 'oknum indonesia', tapi juga harus mempromosikan beragam keindahan dan potensi yang dimiliki bangsa berdaulat ini.
merdeka..!! :)

Kristina Dian Safitry mengatakan...

keinginan kita sebenarnya sama non. apakah kita memulai gebrakan merealisasikan pemikiran kita? persoalnay karena saat ini aku masih diluar negeri sih, jadi terasa sulit.

vina mengatakan...

jadi ingat komentarnya teman2q dari Kepri ketika main ke Kuta Bali. kata mereka:

"ooohhh...ini yang namanya pantai kuta. biasa aja sih. masih bagusan pantai di daerahku."

glodak!!!

padahal, bule2 pada gandrung bgt ma kuta bali.

Tony mengatakan...

sebegitu indahnya kah? jadi penasaran juga nih

Antown mengatakan...

aaarggh!! jadi kpingin ke sana....
tiddddddaaaak!!! yang deket2 ada nggak ya?

hmm.... semoga sektor pariwisata kita nggak punah deh, semoga masih ada yang merawat dan melestarikanx

Pythia mengatakan...

ehhh kok sama, aku jg baru aja selese baca Naked Traveler nya Trinity, hihihi, menambah napsu utk jln2 jadinya :D

nita mengatakan...

triniti itu teman saya waktu SMA lo. nama aslinya perucha hutagaol:)

ide bagus agar blogger menulis hal2 menarik tentang daerah masing2, lumayan buat bantu promosi budpar

kRucIaL mengatakan...

Itu duit negara terlalu banyak dipake untuk menggaji orang2 yang ga achieve di bidangnya... Liat aj banyak banget yang pengen jadi pegawai negeri, dengan alasan ad dana pensiun + kerjaannya nyante, lha sekalinya kerja minta uang lembur...
apa2an ini, sehingga dana untuk yang laen ga ad de...

dee mengatakan...

pantai di thailand dlm film the beach itu emang keren dan indah banget.. plus sangat bersih.. sayangnya, aku ga suka filmnya.. jd ga tertarik nntn lg deh, ivana..

namaku wendy mengatakan...

kalo dirawat sebenrnya banyak banget yah the beach in Indonesia jadi gak perlu deh tu jaul2 kaya ke thailand gitu

Caroline Sutrisno mengatakan...

keren banget pantainya! airnya bersih banget yah.

yang berkesan waktu gw ke mno selain bunaken, waktu itu gw sempet diajak ke pantai nona pagi2 buta buat nungguin nelayan pulang melaut. trus kita beli ikan dari nelayan, bakar si tepi pantai, makan pake nasi jaha plus dicocol dabu2. duhhh... jadi pengen lagi nih.

salam kenal yah!

living silence mengatakan...

setuju neh.., dalam rangka merebut kemerdekaan, para blogger bercerita ttg potensi wisata daerahnya masing2 :) salam kenal

Ivana mengatakan...

pencuri kode:hehehe...yang penting sih sebenarnya pada kesadaran dan kecintaan masyarakat ke si pantai
rezky:yah, begitulah negara kita...
cahpesisiran:MERDEKA!!
kristina:Mm..Iya juga,sih.Mba; kan di hingkong jadi susah.eniwei, saya sudah mulai mempraktekkan apa yang saya tulis lo mba. Buktinya, saya punya blog khusus untuk pariwisata daerah saya-http://visitnorthsulawesi.blogspot.com
vina:banyak kok tempat di Indonesia yang seindah dan bahkan lebih indah dari Bali cuma emang kurang dieksplore..
tony:makanya, datang ke sini..hehehe
antown:dekat kok, cuma di negara sendiri,hihihi
pythia:iya ni...
nita:wah,baru tau ni..
krucial"iya ni, ngga efisien
dee:kalo soal film, yah...tergantung selera masing2
wendy:SETUJUU!!
caroline:wah, sudah merasakan dabu-dabu rupanya,hihihi
living silence:salam kenal juga

indo mengatakan...

Pantai di Indonesia memang ga' kalah indah dibanding dengan pantai negara tetangga seperti Thailand...
sebagai orang indo merasa bangga coz semakin banyaknya turist yang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati keindahan pantai negri ini...

astrid savitri mengatakan...

saya jadi ingat sebuah kisah ttg pantai yg begitu indah...awalnya hanya didatangi sedikit orang, kemudian krn ia begitu indah, akhirnya yg datang kesana membanyak dan membanyak...lalu pantai itu dibeli oleh orang kaya yg menginginkan keindahan itu bisa dijual buat menguntungkannya...lalu dibikinnya resort, restoran, dan sebagainya...
akhirnya pantai indah itu menjadi membosankan, lalu ditinggalkan, dan ia menjadi pantai yg tidak indah lagi krn sudah terekploitasi..

jadi kalau memang ada pantai seindah di foto itu, sebaiknya memang jangan bilang siapa-siapa..

(sori ivana, bukannya komentar, saya malah bikin postingan di blog kamu, hehe...)

Muhammad Qori mengatakan...

pantainya boleh juga,ntar kalo orang indonesia kesana pasti deh jadi kotor.hehehehhe....

yuli mengatakan...

mbak ..tau ga nama tempat dlm film the beach di thailand itu?tolong dong!!