Pendidikan Vs Pengalaman


Mulanya sih, setelah lulus, saya pengen punya banyak waktu untuk menulis jadi tertarik untuk bantu-bantu om saya untuk tambah pengalaman plus supaya bisa mengaplikasikan apa yang saya pelajari di bangku kuliah. Dan ternyata, walaupun kerjanya agak santai, cukup banyak juga yang bisa saya pelajari, mulai dari pemasaran sampai operasional, yang kemudian bikin saya tambah kagum dengan om saya.
Jujur saja, Om saya hanya lulusan Sekolah Dasar tapi merupakan seorang pekerja keras yang giat membangun bisnis, bahkan merencanakan berbagai strategi pemasaran yang menurut saya sangat luar biasa untuk ukuran seorang lulusan Sekolah Dasar. Berdasarkan pengalamannya itulah, sehingga Om saya seringkali memandang para sarjana seperti saya dengan sebelah mata.
Yah, mau diapakan lagi?
Inilah yang selalu menjadi perdebatan sepanjang masa, mengenai sekolah dan pengalaman kerja, dan berhubung saya sendiri masih membantu usaha om saya, yah…terpaksa diam saja saat om saya berkicau, walaupun bagi saya pribadi, sekolah dan pengalaman kerja bukanlah sesuatu yang diperdebatkan karena keduanya saling melengkapi. Pendidikan memang penting, tapi tanpa pengalaman, akan menimbulkan kecanggungan saat bekerja atau mengaplikasikan yang kita pelajari. Di lain sisi, pengalaman memang penting tapi, kita harus sadar bahwa pendidikan mempengaruhi cara kita bicara dengan orang, sampai cara kita memandang sesuatu dan, ini bukanlah sebuah omong kosong karena kebanyakan orang yang tak mengecap pendidikan yang cukup cenderung berpikiran sempit dan kadang memiliki cara bicara yang sedikit kasar. Any Comments?

Posting Lebih Baru Posting Lama

9 Responses to “Pendidikan Vs Pengalaman”

antown mengatakan...

kamu kuliahnya ambil jurusan apa?
nyambung dengan bidang yang ditekuni sekarang?
tmn2 saya yang jadi ilustrator tidak semua pernah mengenyam sekolah seni rupa atau kuliah di DKV. Termasuk saya yang jurusan ilmu komunikasi malah jadi bloggerman hahaha

diorockout mengatakan...

ada yang PDKT di atas..
*kabur*

Fauzan mengatakan...

Comment apa ya..??

Harusnya Bukan "pendidikan Vs Pengalaman", but "Pendidikan + Pengalaman"..

Hehe..jawab pertanyaan yang paling atas dlu tuh mba,kayanya udah nungguin..

nita mengatakan...

kalau menurut sy pendidikan (formal) itu penting utk membentuk kemampuan berpikir sistematis dan analitis . ini terbukti sangat membantu dalam dunia kerja dan sehari2. tp seseorang yg dasarnya cerdas dan mau belajar dari sekeliling tanpa pend. formal pun bisa punya cara pikir sistematis dan analitis yg baik

christi mengatakan...

siip deh pendapate,stuju..skolah bisa memperluas wawasan..en tentang omongan ksar jg stuju..jd sebaiknya pendidikan+pengalaman, ya..

pesisir-kidul mengatakan...

wah setuju saya..
pendidikan dan pengalaman bisa diibaratkan dua sisi mata uang yang memang seharusnya menyatu. tanpa yang satu, yang satu lainnya menjadi tidak lengkap..

speakup mengatakan...

@antown: saya jurusan bisnis. kebetulan berkaitan,hehehe
@diorockout: hah?
@fauzan: mm..betul juga,ya?
@nita,pesisir kidul&christi:yup..setujuuu!

Saluhut Naibaho mengatakan...

si om bisa bilang gitu karena mungkin km belum membuahkan hasil dr pendidikan yg km punya,,,mungkin jika km memiliki keahlian dan penghasilan melebihi om itu dengan pendidikan km yg lebih tinggi dr dia,,,mungkin dia ga akan berkicau demikian deh,,,

Saluhut Naibaho mengatakan...

si om bisa bilang gitu karena mungkin km belum membuahkan hasil dr pendidikan yg km punya,,,mungkin jika km memiliki keahlian dan penghasilan melebihi om itu dengan pendidikan km yg lebih tinggi dr dia,,,mungkin dia ga akan berkicau demikian deh,,,