Feibe, Jagoan saya di Belanda


Kunjungi Situsnya




Jagoan Saya



Setelah beberapa kali membahas tentang Negara sendiri, gpp kan kalo kali ini saya membahas tentang Negara lain? Naah…Negara yang beruntung kali ini (halaah!!) adalah Belanda (suit..suit…). Alasannya? Karna saya kebetulan punya teman di sana jadi lumayanlah sebagai latar belakang cerita.

Teman saya ini namanya Feibe. Saya bertemu dengan Ebe saat masuk kuliah namun akhirnya harus berpisah karena pas semester tiga, Ebe memutuskan untuk berhenti kuliah dan mencari pengalaman baru di Belanda karena kebetulan saudaranya di sana menawarkan dia untuk tinggal bersama mereka di sana. Bila teman-teman menjadi Ebe, apa yang akan teman-teman pilih? Menyelesaikan kuliah atau Ikut ke Belanda?

Jujur saja, untuk saya pribadi, saya pasti akan memilih tinggal dan menyelesaikan kuliah dulu karena udah terlanjur bayar uang masuk 10 jeti jadi, sayang sekali bila saya meninggalkan sesuatu yang belum saya selesaikan demi hal yang belum pasti, dan itulah yang saya katakan pada Ebe saat kami berbincang-bincang mengenai hal ini. Namun pada akhirnya, semuanya terserah pada Ebe dan dia memutuskan untuk menyambut kesempatan langka itu. Maka, hanya dengan bekal nekat (waktu itu,bahasa Inggris Ebe belum terlalu lancar), dia pun berangkat sendiri dari Manado ke Belanda. Katanya, “Saya pasti nyampe…biar pake bahasa inggris patah-patah untuk tanya-tanya, saya pastu nyampe…saya harus nyampe..”. Makanya, Ebe pun menguatkan diri untuk pergi ke Amsterdam dengan Malaysian Airlines dengan rute : Manado-Malaysia-Amsterdam yang mana, perjalanan Manado-Malaysia butuh waktu 3,5-4 jam dengan waktu tunggu sekitar dua jam di Airport Malaysia dan lalu nyabut ke Amsterdam dengan duduk “santai” di Malaysian Airlines selama 12-13 jam (gilee..perjuangannya itu lo).

Setelah nyampe di Belanda, Ebe sempat kembali ke Jakarta untuk mengurus MVV dan memanfaatkan waktu luang dengan belajar Bahasa Belanda. Waktu pertama kali dengar kalo Ebe belajar bahasa Belanda, saya sempat tanya mengenai bahasa yang dipakai di Belanda dan Ebe menjawab, Orang Belanda biasanya menggunakan Bahasa Belanda namun kalo kita ajak ngomong pake Bahasa Inggris, pasti dibalas Bahasa Inggris jadi setidaknya, saya pasti bisa bertahan hidup di sana walau ngga bisa bahasa Belanda,hehehe. Buat teman-teman yang berencana studi di Belanda, banyak juga kok jurusan yang memakai bahasa Inggris dengan pengajar yang bahasa inggrisnya yahud jadi, bahasa so pasti bukan kendala ya? (bilang makasi dong, atas infonya,hehehe..)

Saya sempat bertanya dalam hati, mengapa ya kebanyakan orang Belanda bisa bahasa Inggris dan sejauh ini, jawaban yang paling memuaskan dan masuk akal adalah karena Belanda telah menjadi Negara dengan multi ras dan suku di dalamnya sehingga tinggal dan belajar di Belanda akan membiasakan kita untuk bertemu, berteman dan mencari jodoh orang dari bermacam-macam negara (dipilih..dipilih…) Dengan adanya keanekaragaman seperti itu, di Belanda, kita sebagai orang Indonesia asli (yang 100% nasivora alias pemakan nasi sejati,hehehe) bisa menemukan makanan pokok kita itu di Supermarket yang ada bahkan, buat yang suka jajan di restoran Cina dan India, semuanya tersedia lengkap. Yahud deh…ternyata bisa juga saya bertahan hidup di sana,hehehe…

Keanekaragaman di atas juga yang mungkin bikin Ebe bersikeras untuk tinggal di Belanda dan rela menjalani masa penantian yang panjang karena buktinya Ebe sekarang sudah studi di sana, kerja d sana, udah jago bahasa inggris dan bahkan punya pacar orang sana (hehehe…). Bukan berarti saya terobebsesi punya pacar orang Belanda lo…saya masih cinta produk dalam negri kok, karna papa saya mau saya nikah sama orang Indonesia dengan alasan : lebih mudah dimaki-maki kalo suami saya nantinya kurang ajar (kalo orang barat, susah dimaki-makinya, g nyambung,hihihi). Pada akhirnya, sebagai teman, jujur saya sangat salut pada ketegaran dan kesabaran Ebe dalam masa penantian itu. O iya, buat teman-teman yang ingin ke Belanda bulan juli ini, coba deh ikutan kompetisi blog dari neso. Lumayan lo hadiahnya, dari digital camera, notebook sampe summer course di Belanda. Saya juga ikutan. Kamu?

Posting Lebih Baru Posting Lama

37 Responses to “Feibe, Jagoan saya di Belanda”

ifoel mengatakan...

Jagoan apa nih sobat.. berantem..? atau jagoan makan.. hehehhe.. becanda.. Met malam.. lama juga ngga berknjung kesini.. apa kabar...

Harry Seenthings mengatakan...

wah kayaknya jagoan sepak bola yah...wuehehehehehe....mampir lagheee nih mba....bagaimana kabarnya? malam ini setelah long time no see

Rudy mengatakan...

Belanda!!!!
Waduh asyik banget tuh kalo punya kesempatan kesana dan yang pasti jadwal pertama yang harus aku jalani adalah berkunjung kerumah Van Den Sar (kiper M.U), Van Nisstel Roy, Van Persie dan masih banyak tuh bintang top sepak bola dunia...

genial mengatakan...

wah klu udah lebih dulu keluar 2 jeti mahhh... semua juga pasti terpaksa diem dulu di sini baru netepin langkah selanjutnya...
laen lagi kalu emang kita blm keluar apa2.. heheheheh...

Arief Maulana mengatakan...

Belanda... jadi inget sama Mashengky. Istrinya kan sekolah di belanda.

Hehehe..

Rian Xavier mengatakan...

ya gpp sekali2 bahas negara lain =P

rizky mengatakan...

hebat,, keren... bisa jalan2 kesana enak ya :)

kalo tau gitu, saya mao tiip salam ama almarhum ritgulit,, sang lengendaris sepak bola :)

fanny mengatakan...

kirain jagoan apa? he hehe...itu namanya dia punya kemauan keras....

- s L i K e R s - mengatakan...

Ngga ikutan ah....

bagus al haqq mengatakan...

aduhhh jadi inget istriku yang di sana
hahahah...!!

kloaku sih milih nyelesein studi di indonesia aja dulu
klo lulus baru cari istri disana
hahahaa..!!!

galih mengatakan...

ikutan juga ah...kan lumayan bisa terkenal di blanda..
heheheheh

Balisugar mengatakan...

Saya pernah sekali kesana,

Tony mengatakan...

wah hebat ya temennya :)

erik124922 mengatakan...

Wah lama juga ya perjalanannya. Memang butuh perjuangan, harus sabar dalam perjalanannya

Pondokku

catatan salwangga mengatakan...

:) numpang lewat....

IjoPunkJUtee mengatakan...

Belanda...???

kata mbahku londo, gak iso mangan telo, gak doyan combro..??? lah terus mangan opo?

* mudah2an yang punya blog bingung, comment apaan eneh....!!!kwakkk...kkkk....

Ramon mengatakan...

seorang yang berani berspekulasi itu emang layak dijadikan jagoan... apalagi kalo sampai sukses dengan segala pertaruhannya itu

anyway... thx buat infonya ya mbak!

mandakocan mengatakan...

mau tanya,saya juga ikutan kompetisi ini tapi bingung gimana pasang badgenya.
Kodenya itu di paste dimana ya ?
katanya kan di 'edit HTML' tapi kan disitu banyak banget kode-kodenya,saya jadi bingung...
minta tolong ya,kalau bisa dijawab secepatnya soalnya postnya udah terlanjur di publish,makasiii sebelumnya-

wi3nd mengatakan...

>> Bila teman-teman menjadi Ebe, apa yang akan teman-teman pilih? >> Menyelesaikan kuliah atau Ikut ke Belanda?
aku aKan bilan9 : ikuuuuuuutt ke beLanda hehehe..
pastina ituh..kenapa the reasonnya nda jau bedalah ama ebi ech ebe [maap]

waach..ikutan kompetisi beLum branai neech van,secara daku 9apteks.. :(

Friendzworld mengatakan...

hi...
just dropping by

have a nice day

seezqo mengatakan...

pilihannya : dah betul tuh, pergi ke Belanda, pasti ilmu yg didapet nggak kalah dengan yg dapet dari bangku kuliah :) just my opinion lho :)

btw Lo ada fesbuk gak, Van?

Nyante Aza Lae mengatakan...

klo ke belanda siy pengen banget
tp....
klo inget2 kompetisinya itu lho...
gak pede aja..
wuihhh..........

Muhammad Qori mengatakan...

jagoan ngeblog kali ye,,,

ngeblog aja kebelanda,hebat hebat hebat!!!

nuuii mengatakan...

Hi ivana, baru sempet maen lagi kesini nih...

Waaahhh belanda...
salah satu negara yang pengen saya kunjungi. travelling ala backpacker menantang kali ya klu ke sana :))

Masciput mengatakan...

wah berapa banyak kekayaan negara kita yang di bawa ke negara ini

indo mengatakan...

Ayo Iv, ikutan biar bisa summer course kesini...:p

*kalau teman kamu butuh pemandu wisata gue bersedia deh ( hanya 10euro p/j )...:D

blogger senayan mengatakan...

apa kabar
mbak link saya lum dipasang ya? hehhe
link mbak sudah 3 bulan di page/tukar link/
thaanks

I Komang mengatakan...

KEBOHONGAN ISLAM YANG SELAMA INI DITUTUPI TELAH DIBONGKAR HABIS DIBLOG INI --> BLOG MANTAN MUSLIM INDONESIA (klik disini)

Friendz mengatakan...

Hello friend!
I am passing by to wish you a great weekend!

ika mengatakan...

kayaknya pengen juga ikutan kompetisinya mbak........ hehehe. Belanda gicuuu loohhh!!!

Free Blog Directory mengatakan...

Nice blog

Hi! I'm Grace mengatakan...

Hi Ivana, it is so nice to be back here in your blog. How are you doing? :)

pasang iklan gratis mengatakan...

jadi gk harus bisa bahasa belanda ya? wah jadi kepengen kebelanda nich.cari istri orang belanda, ya bagus dong? kan disana cantik-cantik!

APIH YAYAN mengatakan...

salam kenal...

awi mengatakan...

hi Ivana
hehe gpp lah sharing cerita
ttg negara lain
asal seru dan asik
thanks ya

Juliawan mengatakan...

hihihi belanda jadi pengin kesana
heheheh

Gandhi Anwar mengatakan...

waaaaah, menarik negh ceritanya. Jadi pengen ke sana. Doain saya ya suatu saat nanti bisa ke eropa... :d